Alat Kesehatan Bedah Operasi

Daftar Alat Kesehatan Bedah Operasi – Dalam dunia medis atau kedokteran terdapat beberapa spesialisasi dokter. Salah satunya adalah spesialis bedah. Dokter spesialis bedah ini menangani pasien dengan keluhan tertentu yang mengharuskan tindakan operasia tau pembedahan pada tubuhnya. Misalnya pasien patah tulang, kanker, usus buntu dan lain sebagainya.

 

Dalam proses pembedahan tubuh manusia, digunakan beberapa alat kesehatan yang khusus untuk tindakan ini. Selain itu juga dilakukan oleh dokter khusus spesialis bedah yang mampu melakukan hal ini. Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai beberapa alat kesehatan yang digunakan untuk tindakan bedah atau operasi.

 

Pembaca sudah banyak mengerti dan memahami definisi alat kesehatan. Yaitu sebuah instrument atau alat yang digunakan untuk mendiagnosa, mencegah dan menghilangkan, penyakit, merawat orang sakit dan juga membentuk struktur jaringan tubuh. Alat yang dilakukan untuk pembedahan termasuk dalam fungsi untuk menyembuhkan atau menghilangkan penyakit di dalam tubuh manusia.

 

Ketika seseorang mengalami gangguan pada usus. Infeksi usus atau yang sering disebut dengan usus buntu, atau ibu yang melahirkan namun ada kendala sehingga harus melakukan operasi sesar. Pada hakikatnya mereka sedang dalam proses penyembuhan dan menghilangkan penyakit.

 

Sebelum kita membahas daftar alat kesehatan untuk tindakan bedah operasi, mungkin tidak ada salahnya kita tahu penjelasan perlunya tidakan pembedahan. Dengan kata lain, apa manfaat dan tujuan yang ingin dicapai dari tindakan bedah atau operasi ini.

 

Tujuan Dilakukanya Tindakan Operasi

 

Kuratif -  Inilah tujuan yang sebenarnya ingin dicapai oleh pasien. Tidakan operasi adalah harapan kesembuhan yang diidamkan oleh pasien. Dengan operasi ini mereka berharap sudah lepas dari penyakit atau kelainan yang dideritanya. Ini  biasanya berhubungan dengan penyakit yang langsung sembuh dengan operasi misalnya usus buntu, tumor jinak, mengeluarkan benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Operasi dilakukan untuk menyembuhkan pasien dari penyakit seperti ini.

Diagnosa – Tindakan operasi juga digunakan untuk mengetahui keadaan sebenarnya yang dialami pasien. Inilah metode diagnosa penyakit yang paling tinggi. Hanya untuk melihat sebuah penyakit dokter perlu melakukan tindakan pembedahan terhadap pasien.

 

Live Saving ( Tindakan Penyelamatan Jiwa) -  Tujuan operasi yang lain selain dua yang disebutkan diatas adalah untuk penyelamatan nyawa pasien. Ini biasanya berkaitan dengan penyakit yang berat seperti operasi pemotongan bagian tubuh yang terinfeksi, pengangkatan organ ginjal, pembebasan saluran pernapasan dan jalan darah. Intinya tindakan operasi bertujuan untuk menyelamatkan jiwa seseorang bagaimanapun jalanya termasuk juga dengan melakukan amputasi atau pemotongan bagian tubuh.

 

Preventive – Tujuan operasi dilakukan juga karena tujuan ini. Preventive atau pencegahan. Agar kelainan yang diderita pasien tidak berlanjut sehingga lebih parah lagi. Misalnya tindakan operasi hernia dengan pemasangan mash untuk memperkuat lapisan penutup, hal ini bertujuan untuk mencegah kambuh kembali.

 

Rekontruksi – Tujuan operasi lainya adalah untuk membentuk atau memperbaiki jaringan tubuh. Ini biasanya dilakukan pada operasi patah tulang dan kelainan yang sejenisnya. Bertujuan untuk merubah struktur tubuh yang rusak agar kembali normal.

 

Nah itulah tujuan dilakukanya operasi. Tindakan operasi biasanya dilakukan oleh rumah sakit atau instansi pelayanan medis yang mempunyai unit operasi dari mulai dokter, ruang dan peralatan medis pendukung lainya. Salah satu komponen yang penting untuk pelaksanaan ini adalah adanya alat penunjang yang memenuhi standard.

 

Berikut adalah daftar beberapa alat kesehatan yang digunakan untuk operasi pembedahan.

 

Anesthesia Machine

 

Anesthesia berasal dari bahasa Yunani yang maknanya adalah pembiusan, presepsi kemampuan untuk merasa. Secara umum anesthesia adalah suatu tindakan yang dilakukan untuk menghilangkan rasa sakit ketika melakukan tindakan pembedahan atau operasi. Mesin anastesi berarti mesin atau alat kesehatan yang digunakan untuk melakukan pembiusan untuk menghilangkan rasa sakit yang terjadi karena tindakan pembedahan terhadap tubuh pasien.

 

Tidak semua dokter dapat melakukan tindakan anestesi. Ada dokter spesialis anestesi untuk penangnan tindakan ini. Tugas dokter anestesi adalah sebagai berikut :

  • Mempertahankan jalan napas
  • Memberikan bantuan napas
  • Membantu kompresi jantung bila berhenti
  • Mempertahankan kerja otak pasien

Operating Lamp (Lampu Operasi)

 

Salah satu alat yang penting dalam tindakan operasi adalah lampu operasi. Lampu ini dilakukan agar proses pembedahan dapat dilakukan dengan jelas. Alat ini berfungsi untuk penerangan. Lampu yang digunakan bukanlah lampu yang biasa kita gunakan sehari – hari. Ini adalah lampu khusus yang didesain dengan beberapa perangkat penunjang seperti stand atau gantung.

 

Operating Table (Meja Operasi)

 

Istilah meja dalam hal ini bukan seperti meja yang ada di rumah kita, meja disini adalah meja dengan fiture tertentu. Meja ini berguna untuk memudahkan proses pembedahan. Biasanya meja ini digerakan dengan menggunakan system elektronik. Hal ini bertujuan untuk memudahkan gerakan dan meminimalisir getaran.

 

Surgical Unit

 

Alat ini digunakan untuk melakukan pembedahan terhadap tubuh pasien. Surgical unit yang banyak dipakai di rumah sakit adalah yang menggunakan system elektrik. Alat ini dikenal dengan nama Electro Surgical Unit (ESU). ESU digunakan untuk melakukan sayatan terhadap bagian tubuh yang akan dioperasi.

 

Peralatan Operasi

 

Alat ini juga tidak kalah penting dengan yang linya. Perlengkapan dan peralatan operasi seperti gunting operasi, pinset, sonde dan lain sejenisnya. Alat ini terbuat dari bahan logam anti karat yang sebelumnya disterilkan dengan menggunakan alat steril.

 

Baju Operasi

 

Paramedis saat melakukan tindakan operasi mengenakan pakaian khusus yaitu baju operasi. Baju operasi ini merupakan alat kesehatan. Baju yang didesain khusus yang dikenakan pada saat melakukan operasi. Baju ini juga harus disterilkan sebelum dan sesudah digunakan untuk menghindari adanya penularan penyakit dari pasien penderita penyakit.

 

Duk Lubang

 

Nama alat kesehatan ini sangat asing terdengar di telinga kita. Memang ini adalah istilah yang digunakan dalam dunia medis. Alat ini adalah kain berbentuk persegi dengan ukuran tertentu dan terdapat lubang ditengahnya. Alat ini digunakan pada saat melakukan tindakan operasi, untuk menutup bagian tubuh pasien yang akan dilakukan pembedahan.

 

Antiseptik

 

Antiseptk adalah cairan yang digunakan untuk melakukan sterilisasi terhadap alat kesehatan yang digunakan untuk operasi. Alat ini perlu disterilkan untuk membunuh kuman atau bakteri yang mungkin menempel pada alat – alat operasi.

 

Benang Jahit Operasi (Catgut )

 

Ini bukan benang biasa yang digunakan untuk menjahit kain. Benang ini digunakan untuk menjahit luka robek yang ditimbulkan dari tindakan pembedahan atau operasi. Benang ini terbuat dari bahan khusus dan mempunyai banyak jenis. Masing – masing jenis mempunyai fungsi yang berbeda.

Informasi penting bagi anda yang membutuhkan informasi tentang alat – alat kesehatan bedah operasi atau alat kesehatn lainya anda bisa kunjungi

www.gloryamedica.com. Distributor resmi alat kesehatan yang melayani pengadaan alat kesehatan ke seluruh wilayah Indonesia.

Pembaca setia blog kesehatan dimanapun anda berada, demikian saja yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga pembahasan singkat ini dapat bermanfaat untuk pembaca semua.  Nantikan artikel kami selanjutnya seputar akat kesehatan atau yang lainya. Sekian dan terima kasih

 

 

 

 

 

 

 

Comments: 0 (Discussion closed)
    There are no comments yet.